Hasil Pertandingan Thailand vs Indonesia: Skor 1-1 (Penalti 3-4)

633CASH - 

Indonesia menghadapi Thailand di Stadion Gelora Delta Sidoarjo dalam partai final Piala AFF U-16, Sabtu (11/8). Bermain imbang 1-1 di waktu normal, Garuda Muda menang adu penalti dengan skor 4-3.

Pemain pengganti Fajar Fathur Rachman membuka keunggulan Indonesia di menit 33. Thailand baru bisa membalas lewat Apidet Janngam di menit 72. Di babak adu penalti, keempat eksekutor Indonesia, yakni Sutan ZicoBagus KahfiRendy Juliansyah dan David Maulana, sukses menjalankan tugasnya. Sementara itu, kiper Ernando Ari Staryadimenjadi pahlawan dengan menggagalkan algojo kedua dan keempat Thailand.

Indonesia keluar sebagai juara, sedangkan Bagus Kahfi menjadi top scorerdengan torehan 12 golnya.

Kemenangan ini bisa menjadi sedikit pelipur para bagi saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa Lombok. Kemenangan ini juga menjadi kado indah bagi Indonesia jelang ulang tahun kemerdekaan yang ke-73.

Melawan Thailand, pelatih Fakhri Husaini menurunkan komposisi terbaiknya. Salah satunya adalah kapten David Maulana di lini kedua. Bagus Kahfi, yang sudah mengemas 12 gol dan memimpin daftar top scorer sementara kompetisi ini, juga dipasang dari menit awal.

Di bawah dukungan penuh para suporternya, Indonesia mengambil inisiatif serangan. Sejumlah peluang didapatkan di 15 menit pertama, tapi belum ada yang terkonversi menjadi gol. Kesempatan emas Bagus lewat tembakan menyilang di jantung pertahanan Thailand pun hanya mengenai tiang gawang.

Indonesia mendominasi permainan. Thailand hanya sesekali melancarkan serangan balik, terutama lewat bola-bola panjang dari kiper langsung ke lini depan.

Pada menit 33, gol yang ditunggu Indonesia akhirnya tercipta. Fajar Fathur, yang masuk mengantikan Amanar di menit 16, langsung memberikan kontribusi besar. Meneruskan operan panjang Andre dari lini tengah, Fajar men-chip bola mengecoh kiper Anuchid Taweesri yang datang menerjang. Bola melambung indah ke dalam gawang, dan 1-0 untuk Indonesia.

Unggul di babak pertama, Indonesia langsung mencoba tancap gas setelah jeda. Satu gol belum aman, jadi Indonesia mengejar gol kedua.

Namun kali ini lebih sulit daripada babak pertama. Thailand bermain lebih baik dan lebih sering mengancam. Indonesia perlu menyerang, tapi juga tak boleh lupa bertahan. Namun itulah yang terjadi.

Pada menit 72, konsentrasi barisan belakang Indonesia pecah. Sebuah operan silang mendatar dari kanan tersambung ke Apidet Janngam yang tak terkawal di depan gawang. Lewat tembakan tepat sasaran pertamanya, Thailand menyamakan kedudukan.

Skor 1-1 tak berubah hingga akhir 40 menit kedua, juga empat menit injury time, dan laga pun langsung ditentukan lewat adu penalti. Di babak ini, Garuda Muda menunjukkan kekuatan mental mereka untuk meraih kemenangan dan berdiri di puncak.

Starting XI Indonesia U-16: Ernando Ari Staryadi; Bagas Kaffa, Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh, Yudha Febrian; David Maulana, Brylian Negiehta, Andre Oktaviansyah; Mochammad Supriadi, Bagus Kahfi, Amanar Abdillah.

News Lainnya

Guardiola: Fernandinho Bisa Main di 10 Posisi

Dunga Gagal Memberikan Yang Terbaik Untuk Brasil

NEYMAR GAGAL DIHADIRKAN, MADRID AKAN FOKUS HAZARD

PREDIKSI JUVENTUS VS LYON 3 NOVEMBER 2016

PREDIKSI SASSUOLO VS INTER MILAN 20 OKTOBER 2019