Statistik Fase Grup: Gol yang Minim, Rekor Ronaldo, dan Gebrakan Wales

633CASH.COM -  Fase grup pada Piala EURO 2016 mencatatkan rata-rata gol terburuk dengan rekor paling minim dalam 24 tahun terakhir. Sementara itu, gebrakan besar berasal dari tim nasional Wales dengan debutan dan langsung menjadi juara grup.

Berikut kami sajikan statistik babak fase grup Piala EURO 2106, sebagaimana dikutip dari Skysports dan Opta dan sumber(detiknet)  :

- Hanya ada 69 gol yang tercipta dari 36 pertandingan yang tersaji pada fase grup. Dengan rata-rata 1.92 gol pada setiap pertandingan, ini merupakan rata-rata gol paling rendah yang pernah terjadi pada fase grup di Piala EURO sejak 1992.

- Dari total 69 gol yang tercipta, 45 gol diantaranya tercipta pada babak kedua dan dari 45 gol tersebut, 19 diantaranya tercipta di atas menit ke 80.

- Piala EURO kali ini adalah kali pertama sejak 1996 yang mana sama sekali tidak ada tim yang berhasil memenangi seluruh laganya pada fase grup.

- Ukraina menjadi satu-satunya tim yang tidak pernah menang dan gagal mencetak gol pada Piala EURO 2016.

- Wales dan Hungaria menjadi tim paling produktif pada fase grup (dengan torehan masing-masing 6 gol)

- Portugal menjadi satu-satunya tim yang berhasil lolos ke babak 16 besar namun sama sekali tidak pernah memenangi pertandingan pada fase grup. Cristiano Ronaldo cs hanya mampu membukukan tiga hasil imbang.

- Wasit Piala EURO 2016 hanya mengeluarkan dua kartu merah pada fase grup ini : Lorik Cana v Switzerland dan Aleksandar Dragovic v Hungary.

- Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah keikutsertaan Swiss dalam Piala EURo, mereka sanggup melangkah melewati fase grup.

- Wales adalah negara debutan Piala EURO pertama yang berhasil bertengger di puncak klasemen setelah sebelumnya tahun 1992 Swedia berhasil melakukannya.

- Gareth Bale menjadi pemain ketujuh yang berhasil mencetak gol pada tiga pertandingan fase grup.

- Bale menjadi pemain pertama setelah Thomas Hassler pada tahun 1992 yang sukses mencetak dua gol melalui tendangan bebas di Piala EURO.

- Untuk pertama kalinya pada turnamen mayor, Inggris sanggup menang setelah terlebih dahulu tertinggal. Hal itu mereka lakukan saat menundukkan Wales dengan skor 2-1.

- Rusia selalu tersingkir di fase grup pada tiga turnamen mayor terakhir : Piala EURO 2012, Piala Dunia 2014, Piala EURO 2016.

- Gol Niall McGinn yang berhasil memberikan Irlandia Utara kemenangan 2-0 saat melawan Ukraina merupakan gol yang paling telat yang pernah tercipta di Piala EURO. dia mencetak golnya pada menit ke 95.

- Jerman berhasil menguasai ball possession sebesar 79% saat melawan Irlandia Utara. Hasil tersebut merupakan persentase penguasaan bola terbesar sepanjang sejarah Piala EURO.

- Total ada 21 gol yang bersarang di gawang Pert Cech sepanjang penampilannya di Piala EURO. Itu menjadi rekor terbaru dalam kategori jumlah kebobolan terbanyak yang dialami seorang kiper, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Peter Schmeichel yaitu 20 gol.

- Emre Mor menjadi pemberi assist termuda pada Piala EURO 2016, dan merupakan yang termuda ketiga sepanjan sejarah Piala EURO. Dua pemain yang berada diatasnya adalah Enzo Scifo dan Wayne Rooney.

- Spanyol tercatat sebanyak empat kali gagal mengeksekusi penalti dari tujuh kesempatan terakhir yang mereka dapatkan di Piala EURO.

- Belgia mencetak 28 operan sebelum berhasil mencetak gol pembuka ke gawang Irlandia. Itu menjadi umpan terbanyak sepanjang sejarah menuju gol sejak Piala EURO 1980.

- Gianluigi Buffon sudah tampil pada 15 pertandingan putaran final EURO, hal tersebut menjadi rekor baru di Italia.

- Islandia berhasil lolos ke fase knock out pada kesempatan pertama mereka saat tampil di turnamen mayor.

- Islandia hanya memiliki 27.8% penguasaan bola saat berhadapan dengan Portugal. Persentase tersebut menjadi yang terkecil yang dimiliki sebuah tim tanpa kalah sejak Piala EURO 1980.

- Cristiano Ronaldo sudah tampil 17 kali pada putaran final Piala EURO. Hal tersebut menjadi rekor bagi pemain outright.

- CR7 juga menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol di empat turnamen Piala EURO berbeda.

- Hanua sang Michel Platini yang punya jumlah gol lebih banyak melebihi Ronaldo.

- Zoltan Gera menjadi pencetak gol tertua kedua pada EURO di belakang Ivica Vastic.

Gabor Kiraly menjadi pemain tertua sepanjang sejarang Piala EURO dan menjadi satu-satunya pemain yang tampil saat usianya sudah di atas 40 tahun.

 

News Lainnya

Soal Schweinsteiger, Mourinho Balas Kritik Bayern

Prediksi Siprus vs Belgia 25 Maret 2019

Prediksi Nantes vs PSG 18 April 2019

Prediksi Skor Bola PSG Vs Crvena Zvezda 3 Oktober 2018

Josep Maria yakin kalau pemain Barca tidak tergoda dengan uang